Kamis, 16 Desember 2010

Semakin di manjakan Oleh MTVmeter^

MTV meluncurkan produk baru, yakni MTV Music Meter, yang menyediakan berita dan informasi mengenai artis-artis baru kepada para penggemar musik. MTV Luncurkan Layanan Pencarian Musik di Internet NEW YORK - MTV meluncurkan produk baru, yakni MTV Music Meter, yang menyediakan berita dan informasi mengenai artis-artis baru kepada para penggemar musik.

Untuk proyek ini,
MTV bekerjasama dengan perusahaan musik EchoNest, untuk mengembangkan sebuah algoritma yang menyisir blog, media sosial, video dan metrik yang lebih tradisional (seperti pemutaran radio dan penjualan), untuk menentukan band apa yang paling mendapat banyak perhatian dalam suatu hari. Demikian dikutip dari Mashable, Rabu (15/12/2010).

Para penggemar musik dapat meng-klik band manapun untuk mendengarkan preview lagu mereka selama 30 detik (melalui Rhapsody), menonton video musik, melihat foto-foto, membaca tweet dari artis yang bersangkutan sebagaimana berita dan biografi mereka, serta band yang mirip dengan artis yang bersangkutan.

"Layanan ini adalah salah satu cara yang dilakukan MTV demi membantu para penggemar musik untuk menemukan band favorit mereka, terutama musisi-musisi yang tidak mendapatkan air-play di radio" ujar Shannon Connolly, vice president of digital music strategy MTV.


Menurut pihak MTV, layanan ini hanya tersedia di website dan bagian dari MTV Music ID. Akan tetapi layanan ini juga bakal hadir untuk iPhone dan Android pada akhir tahun nanti.

Di pihak lain, Billboard juga telah bekerjasama dengan New Big Sound dan meluncurkan 'Social 50 Chart'. Next Big Sound adalah sebuah layanan yang mengukur tingkat kepopularitasan seorang artis dan band melalui ragam aktivitas penggemar di situs jejaring sosial. Billboard menggunakan statistik yang dikumpulkan dari NBS untuk mengumpulkan peringkat mingguannya.

"Metode tradisional pengukuran popularitasan seorang artis cukup langka untuk saat ini," kata Connolly, yang juga menyebutkan bagaimana MTV di masa depan, sebagai contoh, mampu melacak checkin dari pengguna Foursquare untuk menghitung jumlah pengunjung sebuah konser. "Saat ini penghitungan bukan hanya mengenai penjualan album saja, tapi juga hubungan antara artis dengan penggemar,"

Fakta bahwa sumber informasi musik terbesar saat ini seperti MTV dan Billboard yang mengukur popularitas artis di internet dengan menggunakan media sosial mereka, cukup menggambarkan bahwa betapa pentingnya internet kepada para musisi saat ini.

By sari, okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar