Kamis, 16 Desember 2010

Stadion INI paling keren di DUNIA^

Kedua laga semifinal AFF Cup bakal digelar di Indonesia karena stadion di Filipina dianggap kurang memadai. Jangan cepat puas sebelum melihat deretan stadion berikut ini!
 
Beijing National Aquatics Center
Lokasi: Beijing, China
Berjarak 500 meter dari 'sarang burung' ada 'kubah air', pusat olahraga air untuk pertandingan renang Olimpiade 2008. Kubah air terbentuk dari bingkai baja, dengan buih biru terbuat dari buih sabun sungguhan, dan memuat hingga 6000 orang. Waw!

Allianz Arena
Lokasi: Munich, Jerman
Mungkin stadion Manchester United punya nama lebih keren, tapi Bayern München dan TSV 1860 München punya stadion yang lebih keren! Terletak di utara Munich, Jerman, Allianz Arena adalah markas Bayern München dan TSV 1860 München sejak 2005. Allianz Arena berkapasitas 69,000 dan punya tiga pusat pengasuhan anak, dua toko fans, Bayern Munich Megastore dan TSV 1860 München Allianz Arena Megastore. Ini bagian paling keren: Stadion bakal bewarna merah terang saat Bayern main, biru saat 1860 main, dan putih jika timnas main!
Burj Al Arab helipad
Lokasi: Dubai
Ya, yang ini memang bukan stadion, tapi main tenis di atas helipad hotel bintang tujuh tetaplah menyenangkan. Legenda tenis Andre Agassi dan Roger Federer pernah mencoba main di ketinggian 211 meter ini, saat bermain selama 20 menit tahun 2005. Lapangan seluas 415 meter persegi ini adalah lapangan tenis tertinggi, dan mungkin termahal di dunia. Jika Anda mau main di atas hotel Burj Al Arab, jangan lupa bawa parasut, siapa tahu bolanya jatuh...
Ericsson Globe
Lokasi: Stockholm, Swedia
Anda mungkin tertawa melihat bentuknya yang mirip bola golf kebesaran, tapi Ericsson Globe adalah bangunan bulat terbesar dunia. Dipanggil Globen, stadion indoor Swedia ini memakan waktu 2,5 tahun untuk dibangun. Globen berkapasitar sekitar 14,000 dan digunakan untuk hoki es serta konser. Yang menarik adalah sebuah gondola yang disebut Skyview setinggi 130 meter yang membawa pengunjung melihat seluruh Stockholm.
Estadio Municipal de Braga
Lokasi: Braga, Portugal
Estadio Municipal de Braga dibangun tahun 2004 untuk kompetisi Eripa, dan dipahat dari tambang Monte Castro. Tempat duduk hanya tersedia di dua sisi,yang satu berakhir di belakang tembok batu, dan yang lainnya terbuka melihat pemandangan kota Braga. Stadion seharga US$122 juta ini (gara-gara susahnya memindahkan batu), adalah stadion termahal di Portugal, dan terindah di dunia.
Kolam renang Gansevoort South Hotel
Lokasi: Miami, USA
Main tenis di ketinggian 211 meters keren? Bagaimana dengan main di dalam air? Ya, Serena Williams dan Rafael Nadal sudah pernah mencicipi main tenis air di kolam renang Gansevoort South hotel tahun 2008! Dibutuhkan spesialis bawah air untuk mengkonstruksi dua landasan tak kasat mata di kedua ujung kolam, menggunakan lembaran akrilik dan batangan akrilik
Lapangan apung Marina Bay
Lokasi: Marina Bay, Singapura
Di negara tetangga, ada lapangan bola apung pertama dan terbesar dunia. Lapangan ini terletak di atas perairan Marina Reservoir dan terbuat sepenuhnya dari baja, sepanjang 120 meter dan selebar 83 meter. Dibutuhkan 13 bulan untuk membangun lapangan yang terdiri dari 15 elemen yang bisa digerakkan, sehingga lapangan bisa berubah bentuk tergantung keperluan. Lapangan ini bisa menampung 9,000 orang dan tempat duduk di hadapannya bisa menampung 30,000 orang
Sirkuit Yas Marina
Lokasi: Abu Dhabi
Terletak di pulau buatan manusia Yas, 30 menit dari Abu Dhabi, Sirkuit Yas Marina adalah lokasi untuk lomba GP F1 Abu Dhabi. Sirkuit ini didesain oleh arsitek ternama dunia, Hani Rashid dan Lise Anne Couture, dan memiliki taman hiburan Ferrari World pertama dan satu-satunya di dunia, sebuah taman air, beberapa hotel, dan perumahan. Yang paling menarik, bagian dari jalur pit terletak di bawah lintasan balap!
Stadion Nasional Kaohsiung
Lokasi: Kaohsiung, Taiwan
Selesai tahun 2009, Stadion Nasional Kaohsiung adalah stadion terbesar di Taiwan, berkapasitas 55,000 orang dan digunakan untuk menjamu World Games tahun 2009. Tapi yang paling keren, stadion ini adalah stadion bertenaga matahari terbesar di dunia, menghasilkan 1.4 gigawatt jam listrik per tahun. Saat tidak digunakan untuk pertandingan bola lokal, listrik yang dihasilkan disimpan dan menerangi 80% daerah sekitar stadion.
Stadion Koboi
Lokasi: Dallas, AS
Stadion Koboi bisa memuat 111,000 orang, dan itu adalah bagian yang paling biasa! Markas tim NFL, Dallas Cowboys, adalah salah satu stadion termahal dunia, seharga lebih dari US$ 1.5 miliar. Bukan hanya itu, stadion ini adalah bangunan kubah terbesar dunia dan bangunan tanpa kolom penyangga interior terbesar dunia. Yang paling keren adalah layar TV high definition selebar 49 meter dan setinggi 22 meter, yang disebut "Jerry-Tron" (berdasarkan nama pemilik Dallas Cowboys, Jerry Jones). Inilah layar TV terbesar dunia. Keren?
The Wall
Lokasi: Doha, Qatar
Qatar mencetak sejarah dengan menjadi negara Arab pertama yang mengadakan Piala Dunia. Melengkapi rekor ini, sebuah stadion bawah tanah pertama dunia dibangun. The Wall, atau sering juga disebut The Laptop karena bentuknya, akan menjadi stadion full-AC dengan penerangan terstruktur dalam bangunan untuk 11,000 orang (kecil, memang), dan akan menghabiskan US$20 juta. The Wall akan jadi salah satu arena Piala Dunia Qatar.
Stadion Osaka
Lokasi: Osaka, Jepang
Kalau ada penghargaan untuk stadion teraneh dunia, Stadion Osaka harus menang. Dibangun tahun 1950, stadion Osaka adalah markas tim baseball Nankai Hawks. Stadion ini punya kapasitas 32,000 orang di masa jayanya. Tapi di tahun 1988, Nankai Hawks pindah ke stadion Heiwadai. Sebuah perusahaan perumahan lalu membeli tanahnya dan membangun rumah di dalam stadion! Sayangnya stadion ini dihancurkan tahun 1998 dan digantikan oleh sebuah pusat perbelanjaan.


*vote them...pilih yang terKEREN versi kamu

by ^nuno&upi-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar